cara membuat ketan uli

cara membuat ketan uli - Hallo Bunda Resep Masakan,Kami Kuliner nusantara.net cara membuat ketan uli, Kami kulinernusantara.net yang beraganti nama menjadi kursusmasakonline.blogspot.com , Senang dapat berbagi Articleaneka kue lebaran, Articlekuliner nusantara, Articlemakanan tradisional, Articleresep masakan Jakarta,Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi bunda sekalian.



Judul : cara membuat ketan uli
link : cara membuat ketan uli

Look Also


cara membuat ketan uli

Kuliner nusantara .Net., berikut adalah cara membuat ketan uli biasanya ketan Uli  ini enak di sajikan mentah dengan campuran tapi uli atau di goreng emh perlu di coba nih.




Bahan ketan uli:
500 gr beras ketan putih
1 cup dessicated coconut atau 1.5cups kelapa parut segar
garam secukupnya

Cara:
1. Cuci hingga bersih beras ketan. Rendam dlm air bersih 2-6 jam. Masak hingga matang (sistem liwet atau kukus).
2. Jika mempergunakan dessicated coconut, rendam kelapa dalam air panas secukupnya hingga kelapa lembab kembali.Kukus selama 15 menit.
3. Pindahkan ketan selagi panas dalam mangkuk plastik besar. Taburi kelapa, garam, aduk hingga rata.
4. Tumbuk selagi panas dg mempergunakan batu ulekan/mortar/rolling pin yang sdh di bungkus kantung plastik (agar tidak lengket). Tumbuk hingga ketan terlihat agak halus, jika suka ketan uli yang lembut lanjutkan penumbukan sesuai selera.
5. Siapkan daun pisang/plastik pembungkus. Bagi ketan uli 4 - 5 bagian, lalu bungkus. Biarkan hingga dingin (suhu kamar), siap santap.

note:
* untuk ketan hitam: pada saat mencuci sebaiknya sambil dgosok dg kedua belah tangan agar 'kulit' ketan lbh tipis. waktu perendaman lbh lama.
* ragi ketan di singapura dpt diperoleh di psr geylang atau malay stall. berat rata2 perbutir 20 gr.
* jika tidak ada wadah kedap udara dapat pergunakan panci bertutup (sebaiknya stainless steele/enamel). pergunakan daun pisang/plastik agar tutup benar2 rapat.
* simpan wadah di tempat yang hangat, gelap. Lemari penyimpanan dibawah/diatas kompor biasanya bertemperatur lebih hangat.
* ketan uli yang sudah keras dapat di jadikan uli bakar. potong2 sesuai selera lalu bakar di atas bara api/kompor. disantap dengan sambel oncom atau disiram sirup gula jawa/karamel juga sedap!!!

Komentar